Penyebab Penyakit Maag

Gastritis atau yang dikenal sebagai sakit maag yang berasal dari bahasa Yunani yakni “gastro” yang berarti perut atau lambung dan “itis” yang berarti inflamasi atau peradangan. Gastritis terbentuk dari beberapa kondisi yang berakibat peradangan pada lambung. Peradangan pada lambung dapat mengakibatkan infeksi oleh bakteri yang sama dengan bakteri yang dapat mengakibatkan borok atau luka yang membekas di lambung yakni bakteri Helicobacter pylori, tak hanya itu ada faktor penyebab penyakit maag ¬†lainnya yakni rasa trauma dan penggunaan obat penghilang rasa nyeri yang dikonsumsi dalam jangka waktu yang cukup panjang juga dapat mengakibatkan gastritis.

Pada beberapa kejadian maag atau gastritis ini dapat menyebabkan borok atau luka membekas (ulcer) yang dapat meningkatkan resiko dari kanker lambung. Penyakit maag umumnya dapat disembuhkan dengan minum obat maag yang banyak dijual di warung atau dengan melakukan pengobatan tradisional dengan menggunakan bahan herbal.

Gambar organ lambung

Gejala dari sakit maag umumnya sama dengan penyakit umum lainnya. Berikut ini ada beberapa gejala dari sakit maag :

1. Perih atau sakit seperti terbakar pada perut bagian atas yang dapat menjadi lebih baik atau lebih buruk ketika makan

2. Mual

3. Muntah

4. Penurunan selera makan

5. Perut kembung

6. Terasa penuh pada perut bagian atas setelah makan

7. Berat badan yang semakin berkurang

Gastritis yang tiba-tiba terjadi ditandai dengan gejala seperti mual dan sakit pada perut bagian atas. Sedangkan gastritis kronis akan meningkat secara bertahap yang ditandai gejala seperti sakit ringan pada perut bagian atas dan terasa penuh atau berkurangnya selera makan. Gastritis atau maag dapat menyebabkan pendarahan pada lambung meskipun jarang terjadi, bila terjadi jika keadaan parah pada saat yang sama terjadi infeksi hingga menyebabkan luka parah pada lambung. Pendarahan pada lambung dapat menyebabkan rasa muntah darah, terkadang terdapat darah pada feces dan harus melakukan perawatan secara cepat.

Gastritis merupakan rangkaian penyakit yang mengganggu fungsi organ pencernaan dengan gejala-gejala yang hampir sama dengan gejala pada gangguan fungsi organ tubuh lainnya, yang menyebabkan penyakit mudah hinggap seperti penyakit yang masih memiliki hubungan erat dengan maag, seperti :

1. Gastroenteritis

Gastroenteritis atau yang disebut juga dengan flu perut yang pada umumnya mengakibatkan infeksi virus pada usus. Gastroenteritis menimbulkan gejala seperti diare, kram perut, rasa mual ingin muntah dan rasa tidak mampu untuk mencerna makanan. Gejala dari gastroenteritis sering hilang dalam satu atau dua hari sedangkan untuk gastritis dapat terjadi terus menerus.

2. Heartburn

Rasa sakit seperti terbakar di belakang tulang dada yang umumbya terjadi usai makan. Hal ini terjadi dilatar belakangi oleh asam lambung yang semakin meningkat kemudian perlahan mulai naik dan masuk ke dalam esophagus (saluran yang menghubungkan antara tenggorokan dan perut). Heartburn juga dapat menyebabkan rasa asam pada mulut, sehingga makanan yang sudah dikunyah untuk ditelan akan kembali lagi ke mulut karena rasa asam yang begitu tajam.

3. Stomach ulcers

Stomcah (peptic) ulcers, yakni infeksi yang terjadi di dalam lambung atau infeksi pada perut yang mengakibatkan rasa perih dan panas dalam perut yang akan terjadi dalam waktu yang cukup lama dan terus-menerus kemungkinan disebabkan oleh adanya infeksi di dalam lambung. Gejala yang biasanya sering terjadi adalah rasa sakit yang semakin parah ketika lambung kosong pada malam hari. Gastritis dan stomach ulcers mempunyai beberapa penyebab yang sama, terutama infeksi Helycobacter pylori. Penyakit ini dapat mengakibatkan terjadinya gastritis dan begitu juga sebaliknya.

Gambar infeksi pada perut akibat gastritis atau maag

4. Non-ulcer dyspepsia

Nonulcer dyspepsia yang merupakan kelainan fungsional yang tidak terkait pada penyakit tertentu. Namun penyebab utama dari penyakit ini belum diketahui secara pasti, umumnya disebabkan oleh stress dan terlalu banyak mengkonsumsi gorengan, makanan pedas atau makanan berlemak yang disinyalir merupakan awal penyebab dari sakit maag seperti rasa sakit pada perut, kembung dan mual.

Penyebab

Lambung adalah salah satu organ pencernaan yang sangat vital bagi tubuh manusia, keberadaannya pun perlu dijaga dan diperhatikan melalui konsumsi makanan yang kita makan sehari-hari. Lambung adalah organ tubuh yang sangat sensitif sama halnya dengan organ tubuh lainnya, lambung terletak di bagian kiri atas perut tepat dibawah tulang iga. Jika lambung dalam keadaan kosong, maka lambung akan melipat, mirip sebuah akordion, namun ketika lambung mulai terisi, dia akan mengembang dan lipatan-lipatan akan terbuka secara bertahap seperti sebuah kue.

Lambung secara alami memproduksi cairan asam yakni asam hidroklorida. Asam hidroklorida ini bersifat tajam dan mudah menghancurkan suatu zat contoh paku besi mudah larut dalam cairan asam hidroklorida. Dinding lambung dilindungi oleh mukosa-mukosa bicarbonate yakni sebuah lapisan penyangga yang mengeluarkan ion bicarbonate secara reguler untuk menyeimbangkan keasaman dalam lambung sehingga terhindar dari sifat korosif asam hidroklorida.

Gastiritis terjadi ketika sistem pelindung lambung mengalami kerusakan dan meradang. Beberapa penyebab yang dapat mengakibatkan terjadinya maag atau gastritis, diantaranya :

1. Adanya infeksi bakteri

2. Penggunaan obat penghilang nyeri yang dikonsumsi dalam jangka waktu yang panjang

3. Sering mengkonsumsi minuman beralkohol secara berlebihan

4. Penggunaan obat-obat terlarang yang mengandung kokain

5. Faktor psikologis seperti stress

6. Kelainan autoimmune, yakni tubuh yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang cukup baik namun masih terserang gangguan penyakit

7. Crohn’s disease, yakni suatu penyakit usus inflamasi atau peradangan pada usus yang dapat mempengaruhi saluran pencernaan yang menyerang mulai dari mulut hingga anus dengan gejala nyeri perut, diare, muntah, penurunan berat badan dsb.

Gambar skema usus yang mengalami peradangan atau crohn disease

8. Radiasi dan kemoterapi.

9. Penyakit bile reflux. Bile (empedu) adalah cairan yang membantu mencerna lemak-lemak dalam tubuh.

10. Sering menunda makan hingga perut terasa lapar melilit perut.

Faktor-faktor lain Gastritis sering juga dikaitkan dengan konsisi kesehatan lainnya seperti HIV/AIDS, infeksi oleh parasit, dan gagal hati atau ginjal.

Penyebab Penyakit Maag

garis

Cara Pemesanan Obat Maag

Obat Maag Tradisional, Herbal dan Alami Untuk Membantu Dalam Mengatasi Sakit Maag / Radang Lambung / Tukak Lambung dan Gangguan Pada lambung, Menurunkan Kolesterol, Melancarkan Pencernaan, Melancarkan Urine dan Feses, Serta Mengurangi Perut Kembung dan Masuk Angin

Harga Obat Maag

obat-maag

obat maag tradisional, herbal

Harga Obat Maag 1 Botol Isi 60 Kapsul = Rp.145.000,-

(Untuk Pemakaian 10-20 Hari)

garis

Paket HEMAT Setiap Beli 3 Botol GRATIS 1 Botol

obat-alami-maag

Paket hemat Obat Sakit Maag

Paket HEMAT Setiap Beli 3 GRATIS 1 Total Rp.580.000 Jadi Rp.435.000

(Dapat 4 Botol dan Hemat Rp.145.000)

(Untuk Pemakaian 40-60 Hari)

cara-pemesanan-cepat

Cara Pemesanan Cepat Obat Maag:

SMS ke 0818-0773-0772 , tuliskan : Pesan NatureMag Obat Maag, Jumlah Botol yang dipesan atau Beli Berapa Paket Hemat 3botol gratis 1botol, Nama Anda, Alamat Kirim Lengkap dan Pembayaran Via Bank Apa

This entry was posted in Maag Atau Dispepsia, Penyebab Penyakit Maag and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.