Cara Mengobati Maag

Maag, sudah menjadi penyakit terkenal yang tidak asing lagi bagi kebanyakan masyarakat Indonesia. Maag yang merupakan suatu penyakit gangguan pencernaan yang umumnya disebabkan oleh pola makan yang salah dan tidak teratur, seringnya menunda makan, konsumsi makanan pedas dan minuman bersoda dan makanan cepat saji serta jenis makanan lainnya yang banyak mengandung bahan pengawet dll. 

Maag atau gastritis merupakan gangguan pada lambung. Keluhannya berupa perut kembung, ulu hati perih, kadang-kadang disertai mual dan muntah. Maag jarang dialami oleh anak-anak, tetapi anak yang pencemas sering mengalam keluhan seperti ini. Salah satu cara mengobati maag adalah dengan cara minum ramuan yang berasal dari rebusan kencur, daun jinten, dan ketumbar. 

Berikut ada beberapa cara untuk mengatasi dan mengobati sakit maag sebagai salah satu upaya untuk meminimalisir agar maag tidak berlanjut pada stadium akut atau parah.

1. Mengatur pola makan dan waktu makan

Mengatur pola makan dengan baik dan teratur setidaknya dapat dijadikan suatu kebiasaan yang baik agar tubuh tidak cepat kehilangan energi yang diperlukan untuk melakukan berbagai macam aktivitas. Jangan menunda waktu makan atau makan disaat rasa lapar mendera yang membuat lambung hingga melilit karena kekurangan asupan energi dari sumber makanan, jangan membiasakan makan terlalu buru-buru jika anda dikejar oleh waktu biasakan membina waktu makan yang baik agar tubuh tidak sampai kehilangan banyak energi dan makan dengan tertib.

2. Memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi

Perhatikan tiap jenis makanan yang kita makan misalnya dengan menyeimbangkan pasokan energi beserta komponen nilai gizi lainnya seperti lemak, karbohidrat, dan protein. Dengan menyeimbangkan sumber energi yang dibutuhkan makan organ-organ tubuh yang penting dalam sistem metabolisme serta pencernaan dapat beraktivitas dengan baik sesuai dengan fungsinya.

3. Hindari jenis makanan yang dapat menyebabkan peradangan dan iritasi pada lambung

Sebagian besar masyarakat Indonesia menyukai selera makanan dengan rasa pedas, asam dan asin. Jenis makanan tersebut lah terkadang tanpa kita sadari dapat menimbulkan efek negatif bagi tubuh, contoh perut menjadi mulas, sakit perut atau diare dsb. Gejala dari sakit perut, rasa mulas inilah yang menjadi penyebab utama dari sakit maag. Menghindari makanan dan minuman yang mengandung pedas, asam, asin, minuman beralkohol, rokok dan aspirin.

4. Jangan biarkan lambung dalam keadaan kosong

Jika sudah terdiagnosa terserang atau mengidap sakit maag, sebaiknya jangan sampai membiarkan perut dalam kosong tanpa di isi satu jenis makanan, biasanya mereka yang sudah terdiagnosa sakit maag tidak akan membiarkan perut dalam keadaan kosong, karena resiko yang akan terjadi lebih fatal dan sulit untuk disembuhkan. Makanlah walau hanya sedikit namun sering. Bawalah cemilan ringan yang bisa anda makan ketika sedang bekerja sebagai penganjal perut anda dari rasa lapar yang begitu mengganggu hingga menyebabkan sakit maag.

5. Menghindari kebiasan buruk

Menghindari kebiasan buruk seperti minuman beralkohol seperti bir, tuak, mengurangi konsumsi kafein seperti kopi dan rokok. Seseorang yang memiliki maag tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi, jika sudah terbiasa sebaiknya mengurangi konsumsi kopi karena kandungan dalam kopi dapat meningkatkan produksi asam lambung.

6. Bebaskan fikiran sejenak dari rutinitas

Stress merupakan faktor pemicu yang menyebabkan sakit maag itu timbul dan dapat meningkatkan produksi asam lambung. Terkadang sebagian orang yang sedang mengalami suatu permasalahan atau gunjangan dari psikologisnya melampiaskan diri dengan makan-makanan yang tidak terkendali tanpa sadar memberikan efek negatif pada gangguan sistem pencernaan.

7. Menjaga pola dan gaya hidup yang sehat, dinamis dan teratur

Dengan menjaga pola dan gaya hidup yang sehat, dinamis dan teratur dapat membantu menjaga kondisi tubuh dan kesehatan diri dari serangan penyakit. Cara yang mudah dilakukan adalah olahraga yang teratur, menjaga berat badan, istirahat yang cukup dan bebaskan diri dari tekanan atau rasa stress.

Adapula cara lainnya untuk mengatasi sakit maag dengan memberikan beberapa macam jenis obat untuk mengatasi atau mengurangi rasa sakit maag dan permasalahan lainnya di sekitar lambung, yakni :

1. Antasida (obat penetral asam lambung) seperti : Ca karbonat, Al (OH)3, Mg (OH)3, Hydrotalcid.

2. Obat penekan produksi asam lambung seperti : ranitidine, simetidine, famotidine, nizatidine obat-obat ini mempunyai kerja sedang untuk menekan asam lambung.

3. Obat penekan asam lambung kuat seperti omeprazole, rabeprazole, lansoprazole, pantoprazole, esomeprazole.

4. Kelompok obat maag lain yang juga sering digunakan yaitu obat pelindung dinding dalam lambung (mukoprotektor) seperti sukralfat, misoprostol, rebamipid, teprenon).

5. Obat memperbaiki pergerakan lambung (prokinetik) seperti metoklorpropamid, domperidone, cisaprid.

 


=====================================

>>> Nutrisi Gandum Talbinah, Obat Untuk Mengatasi Sakit Maag, Mengatasi Gangguan Pada lambung, Menurunkan Kolesterol, Melancarkan Pencernaan, Melancarkan Urine dan Feses, Serta Mengurangi Perut Kembung dan Masuk Angin, Klik Detail Disini!
=====================================
This entry was posted in Cara Mengobati Maag and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>